Monday, June 11, 2012

Cobaan di bulan Juni

Halo bulan Juni,

Belum cerita padamu satu hal pun ya...
Bulan Juni diawali dengan cobaan dan pembelajaran hidup yang berarti buat saya & suami sebagai orang tua.
Jagoan ganteng dan jagoan cantik kami sakit 'Gastroenteritis', bahasa medisnya radang lambung&usus, bahasa awamnya 'flu perut'. Untuk si kakak Adri sudah pernah terkena GE waktu 9 bulan yang hampir divonis rawat inap, untungnya kami berhasil melewati masa kritis dengan metode terapi air putih. Jadi saat kakak usia 3 th 7 bln kemarin sakit GE lagi, Alhamdulillah kami sudah bisa mengatasi. Hanya saja karena berbarengan dengan si dan ade Jihan 1 th 1 bln, itu yg bikin kami sport jantung.

Dibawah ini, saya mau berbagi info gejala & treatment bagi bayi ataupun balita yang terkena GE. Sekali lagi ini berdasar pengalaman dan diskusi dengan beberapa dokter anak, dan spesialis Gastroenterologi.

Gejala : mual, muntah sesaat setelah makan, perut terasa tidak enak, kembung, diare ringan sampai berat dan sampai hilangnya nafsu makan.

Treatment : Untuk menghindari dehidrasi, harus minum air putih+cairan elektrolit (untuk bayi&balita biasanya di resep-kan *pedyalite) yang banyak, walaupun saat muntah harus minum sedikit demi sedikit. Terapi air putih yang saya ceritakan di atas, yaitu dengan memberikan satu sendok teh air putih 3-5 menit sekali untuk yang mengalami muntah+diare berat selama 5 jam. Bila sudah lewat dr 5 jam dan gejala muntah&diarenya berkurang maka masa kritisnya sudah lewat dan tidak perlu dirawat. Tentunya dengan konsultasi dokter ya...

Kalau sudah membaik dan frekuensi gejala tsb di atas berkurang, beri makanan lunak dan tidak berserat seperti bubur nasi (campur dengan gula+garam sedikit), pure apel, pure pisang dicampur dengan *lacto-b atau merk sejenis untuk memperbaiki sistem pencernaan, bentuknya serbuk dan bersifat prebiotik (bakteri baik). Untuk bayi ASI dibawah 6 bulan, tetap menyusu pada ibu. nah si ibunya yg mengkonsumsi makanan tersebut.

Untuk pencegahan, jaga kebersihan pada makanan dan pada saat makan & minum.

Terima kasih telah membaca

* bukan merupakan tulisan promosi, hanya berbagi pengalaman.

No comments:

Post a Comment